Identitas
Buku
Judul: Anak Kampung Paling Fenomenal
Penulis:
DR. M. Mufti Mubarok
Editor:
Mutaqien
Penerbit: Indomedia Group
Cetakan:
Desember 2012
Halaman:
256 hal, 15 x 23 cm
ISBN:
978-60294190-6-1
Dewasa ini, tidak banyak tokoh-tokoh penting dan
kharismatik seta berpengaruh luas dalam banyak bidang di Indonesia. Berbagai
tokoh, baik dari presiden, menteri, politikus, penguasa mempunyai keunikan dan
kelebihan tersendiri yang perlu diteladani. Tokoh-tokoh tersebut diposisikan
sebagai idola dan sekaligus sebagai sumber inspirasi dalam melakukan tindakan. Ini yang menyebabkan menjadi seorang tokoh
panutan bukan suatu hal yang mudah. Ini tidak
lain karena segala tindakannya akan menjadi contoh bagi yang mengidolakannya.
Tak khayal apabila tidak sedikit para tokoh pemimpin
yang gagal dalam menjalankan misinya. Bahkan ketika melakukan tindakan tidak
sesuai dengan perannya menjadikan ia tidak disenangi para bawahan. Maka tidak
ada salahnya mengetahui rahasia dari tokoh-tokoh yang dengan caranya
masing-masing berhasil membawa kemajuan dan perubahan, bagi dirinya khususnya
dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya.
Sebut saja Chairul Tanjung, dalam majalah Forber pengusaha
kelahiran Jakarta merupakan konglomerat yang namanya berada di urutan 937 dari
1000 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan senilai USD 2,1 miliar (hal.
1). Hasil yang diperoleh tersebut tidak lepas dari perjuangannya melawan carut
marut kehidupan. Ia masuk dan menggeluti dunia bisnis ketika masuk bangku
kuliah. Bisnis yang dilakukan tidak langsung menjadi sukses. Mulai usaha jual
beli mobil bekas, membangun pabrik sumpit, pabrik sandal hingga membuat toko
alat kedokteran gigi telah ia lakoni. Berkat kegigihan dan keberaniannya, Si
“Anak Singkong” ini berhasil membuktikan kepada dunia. Dan ia pun berhasil mendirikan
sekolah tinggi gratis bagi warga miskin.
Dalam meraih kesuksesan tidaklah selalu berjalan mulus
seperti yang diinginkan. Ada sebuah tantangan bahkan cobaan besar, seperti yang
dialami Ir. Ciputra. Pada tahun 1997 terjadi krisis ekonomi yang menimpa tiga
group yang dipimpinnya yaitu Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group. Selain
itu, Bank Ciputra dan Asuransi Jiwa Ciputra yang ia dirikan ditutup oleh
pemerintah (hal. 152). Dengan prinsipnya berani mengambil resiko, akhirnya ia berhasil
untuk bangkit dari keterpurukan.
Keberhasilan seseorang dalam kesuksesan itu tergantung
pada kedisiplinan masing-masing dalam memegang teguh pada prinsip. Harry Tanoe
Soedibjo, Bendahara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berbagi kisah
sukses. Baginya, dalam menggenggam kesuksesan ia menekankan pada empat prinsip.
Pertama, Time Big, untuk menjadi berhasil generasi muda
harus berpikir secara meluas dan jauh ke depan. Kedua, Focus on quality, maksudnya berpikir
fokus dan mengedepankan kualitas. Ketiga, Speed, kecepatan dan
percepatan dalam melangkah dan melaksanakan tindakan. Dan keempat adalah Main
Momentum, dalam melakukan bisnis Harry tidak lepas dalam melihat momentum yang tepat untuk
melangkah (hal.199).
Kisah tokoh-tokoh inspiratif tidak berhenti sampai di
situ saja. Dalam buku hasil buah tangan M. Mufti Mubarok seorang Dosen
sekaligus pengusaha sukses ini mengungkap secara jelas, kunci kesuksesan dan kepemimpinan
10 tokoh inspiratif putra Bangsa yang mempunyai kharisma, pengaruh, ambisi dan unik. Mereka adalah
Chairul Tanjung, Dahlan Iskan, Suya Paloh, Joko Widodo, Prabowo Subianto,
Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla, Ir. Ciputra, Harry Tanoe Soedibjo dan Bob Sadino.
Dari kesepuluh tokoh inspiratif yang dikemas dengan apik ini, banyak hal-hal
yang positif yang perlu kita teladani. Baik dalam hal politik, bisnis, pengusaha,
maupun ketokohan secara umum dalam masyarakat.
* Resensi Buku ini dimuat di Koran Jateng Pos, Rubrik "Resensi Buku", Edisi Minggu, 9 Desember 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar