Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Studi dapat Menumbuhkan Sikap Bijak

Setidaknya ada banyak pendapat orang untuk menakar kesuksesan seseorang dalam studinya. Pendapat-pendapat tersebut dengan melihat dari berbagai sudut pandang dan ini memungkinkan perbedaan pendapat. Di antara pendapat tersebut adalah dari sisi keberhasilan yang didapat setelah lulus atau tamat belajar, seperti pekerjaan yang diperoleh, gaji yang didapat dan lain sebagainya. Akan tetapi hal ini juga dapat dilihat dari aspek bagaimana ia menyikapi suatu permasalahan yang sedang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Hidup di dunia tidak akan lepas dengan namanya masalah. Masalah tersebut akan terus ada selama manusia hidup dan berinteraksi dengan yang lain. Baik itu permasalahan yang menyangkut dirinya sendiri, maupun dengan orang lain. Ini disebabkan karena manusia adalah makhluk sosial. Dimana manusia tidak akan dapat sendirian tanpa bantu dari orang lain. Di dalam berinteraksi dengan sesama manusia tidak bisa lepas dengan adanya sebuah masalah yang timbul. Dari sinilah mereka akan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Tak heran apabila manusia berusaha dengan berbagai upaya untuk menyelesaikannya, di antara upaya yang ia lakukan adalah menyelasaikannya dengan pengetahuan yang ia ketahui. Sedangkan untuk mempunyai pengetahuan, setidaknya manusia harus dituntut untuk belajar/studi kepada seseorang yang lebih berpengetahuan.
Proses belajar tidak lain merupakan proses pentransferan pengetahuan dari orang yang tahu kepada orang yang belum tahu. Sehingga bagi yang belum tahu akan merasa tahu akan hal yang baru. Pengetahuan tersebut dapat dicapai melalui belajar atau diskusi, baik itu di bangku pendidikan formal maupun non formal, bahkan pengalaman pun juga bisa menjadi sebuah pengetahuan. Berbekal pengetahuan yang ia ketahui inilah seseorang akan menyelesaikan permasalahannya yang sedang ia hadapi.
Apabila seseorang tersebut memiliki pengetahuan yang luas, termasuk pengalaman baik itu yang menyangkut pengetahuan sosial ataupun pengetahuan umum. Maka ia akan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan penuh pertimbangan. Ini berarti semakin orang itu berpengetahuan dan berwawasan luas, maka ia akan semakin bijak dalam melangkah ke depan dalam menyelasaikan segala permasalahan yang dalam kehidupannya.
Sehingga seseorang bisa dikatakan sukses dalam belajarnya dapat dilihat dari sifat bijaknya dalam mengatasi suatu permasalahan. Karena ia akan memperhitungkan berbagai aspek yang nantinya akan ditimbulkan dari keputusan yang ia ambil. Dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan, tentu dalam menyikapi hal ini ia akan memilih keputusan yang paling baik di antara beberapa kemungkinan yang ada.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Archives

Makalah

Info

Opini