Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

PW Dewan Masjid Indonesia Jawa-Bali Mengusulkan Muktamar DMI Segera Digelar

 Semarang - Kepengurusan pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah berakhir tahun 2022 lalu. Namun, sampai saat ini belum digelar muktamar untuk regenerasi kepemimpinan.

Sejumlah pimpinan wilayah DMI se-Jawa dan Bali pun mengadakan rapat koordinasi di Hotel Grasia Semarang pada Jumat (24/2/2023) untuk membahas usulan Mukmatar DMI ke-8.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain utusan PW DMI Provinsi Jawa Timur Muhadi, PW DMI Provinsi Jawa Tengah Ahmad Rofiq dan Imam Yahya, PW DMI Provinsi Jawa Barat Ahmad Sidik dan Mursyid Toha, PW DMI DKI Jakarta Ahmad Habibi, serta PW DMI Provinsi Banten Boy Tirta Sumriyadi.

Sekretaris Umum DMI Jawa Tengah, Imam Yahya menjelaskan, berdasar usulan dari pengurus wilayah meminta agar pimpinan pusat DMI segera menyelenggarakan muktamar.

“Kami usul Muktamar DMI digelar bulan Juli 2023. Ini dalam rangka menyelamatkan organisasi sesuai dengan AD/ART organisasi,” ujar Imam Yahya.

Para pihak bersepakat untuk mengusulkan hasil diskusi tersebut secara langsung kepada Ketua Umum DMI Jusuf Kalla. Menurutnya, usulan ini sebagai kepedulian pengurus di tingkat wilayah untuk membesarkan organisasi.

Ketua DMI Yogyakarta Muhammad bersepakat usulan muktamar bersumber dari hasil diskusi para ketua PW DMI Jawa-Bali. Muktamar DMI harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami mendorong Munas sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang berlaku,” papar Muhammad.

Dalam diskusi tersebut membahas banyak hal. Selain tentang muktamar, juga soal masjid sebagai pusat syiar agama yang moderat, menjaga masjid agar jangan dijadikan sebagai tempat kampanye politik, serta mendorong masjid mengoptimalkan potensi DMI untuk kemandirian organisasi. (Red/Whb)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Makalah

Info

Opini