Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Waktu adalah Kesempatan

"Waktu adalah Kesempatan"

Hidup ini ibarat seseorang yang sedang dalam perjalan jauh, kemudian dia merasakan haus dan dia pun mampir untuk minum agar bertambah energinya dalam perjalanannya nanti. Dan dia pun setelah minum melanjutkan perjalanan lagi.
Begitu singkatnya hidup di dunia, hanya sebentar apabila dibandingkan dengan seluruh perjalanan hidup dari alam lain ke alam yang lain. Maka rata-rata manusia yang hidup di dunia ini sekitar 60 tahun. Bahkan tidak sedikit orang yang diberikan kesempatan hidup di dunia ini kurang dari 60 tahun.
Namun sedikit orang menyadari kenyataan hidup ini. Mereka lupa dan lalai dengan waktu di dunia ini. Dia hanya merasakan hidup ini adalah segala-galanya. Seharusnya mereka menyadari bahwa hidup ini sebentar waktu dan yang hanya sebentar itu harus dimenfaatkan secara maksimal.
Mengatur waktu menjadi keharusan bagi yang ingin memaknai hidup. Mengatur waktu mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Segala aktifitas harus berarti baginya. Aktifitas yang bisa memberikan bekal untuk masa yang akan datang. Dan bahkan bekal untuk alam selanjutnya.
Sungguh bijak orang yang mampu memanfaatkan waktu hidup di dunia ini dengan baik. Hidupnya di dunia akan berjalan dengan tertata rapi. Ia jalani sesuai yang direncanakan. Meskipun terkadang tidak sesuai dengan rencana, tetapi setidaknya tidak jauh dari apa yang direncakan. Hidupnya pun menjadi indah dan bermakna. Kehidupan pun terasa riang gembira.
Misalnya waktu untuk beribadah, waktu untuk bekerja dan waktu untuk belajar. Selain itu juga waktu untuk keluarga dan waktu untuk berinteraksi dengan masyarakat. Semuanya disusun dengan rapi dan baik. Insya Allah hidup ini akan berjalan dengan dan kita pun dalam menjalani hidup ini akan merasakan riang dan semangat.
Walaupun demikian harus menjaga pola hidup yang sehat. Mulai dari istirahat yang cukup, membiasakan hidup bersih dan menjaga pola makan yang sehat. Menjaga pola hidup sehat ini sebagai salah satu cara untuk berikhtiyar agar selalu diberikan kesehatan. Sebab kesehatan menjadi penting dalam hidup ini.




*) Bukit Walisongo Permai, 11 Juni 2015
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Makalah

Info

Opini