Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Ketergantungan Mahasiswa pada "Profesor Google"

Dewasa ini, semua kalangan kenal dangan Google. Sebuah aplika pencarian yang berbasis online ini sangat dinikmati oleh pecinta dunia digital. Pasalnya aplikasi pencarian ini sangat membantu setiap orang yang ingin mencari informasi melalui dunia digital. Para pengguna dengan mudah memanfaatkan aplikasi ini. Hanya dengan mengetik kata kunci yang ingin diketahui, aplikasi ini dengan cepat memberikan berbagai informasi di seluruh dunia.

Tentu aplikasi sangat bermanfaat dan manfaat ini bisa dirasakan oleh semua kalangan, termasuk mahasiswa. Salah satu yang digemari mahasiswa adalah memanfaat aplikasi ini untuk mencari makalah. Tugas membuat makalah bagi mahasiswa sudah seperti makanan sehari-hari.
Bagi mahasiswa yang mengetahui tujuan pemberian tugas makalah, ia akan membuat makalah dengan membaca berbagai literatur, khususnya literatur cetak. Dari pembacaan yang dilakukan olehnya, kemudian ia menuliskannya dalam sebuah makalah. Sehingga pada waktu ia membuat makalah dia mengetahui apa yang mau ditulis dan yang akan ia tulis. Dengan demikian, ia pun mampu mempresentasikan makalahnya dengan baik.
Sedangkan bagi mahasiswa yang belum mengetahui tujuan pembuatan makalah ini, ia mengambil jalan singkat. Dalam benaknya terbayang dengan sesosok "Profesor" Google. Pada akhirnya mahasiswa ini hanya copy paste, baik sebagian atau seluruh makalah yang sudah banyak tersebar di blogspot dan website. Lebih "pede"nya dalam makalahnya ditulis blogspot atau website di daftar pustaka.
Memang membuat makalah dengan copy paste mudah dilakukan dan praktis. Namun mereka lupa untuk membaca ulang dan memahami isi makalahnya. Tak mengherankan apabila mahasiswa yang membuat makalah dengan cara praktis ini tidak mampu menyampaikan ini makalahnya dengan baik. Bahkan ini presentasi di ruang kelas dengan membaca.
Praktik yang dilakukan oleh mahasiswa yang demikian ini sangat banyak dijumpai di perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Ketergantungan pada "profesor" google ini sepertinya sudah mengakar dan melekat pada mahasiswa.
Kehadiran aplikasi pencarian banyak sekali manfaatnya, tapi banyak juga madlaratnya. Pergunakanlah aplikasi ini dengan baik. Mengambil makalah dari internet bukan berarti tidak membaca dan tidak dipahami sama sekali.
Tujuan dari membuat makalah agar mahasiswa paham dengan materi apa yang disampaikan. Lebih dari itu, tujuan makalah melatih mahasiswa untuk memahamkan san bertukar pikiran dengan orang lain. Apabila yang membuat makalah tidak paham dengan apa yang disampaikan, karena faktor ia tidak membaca dan memahami, maka bagaimana ia dapat memahamkan orang lain dan dapat berdiskusi dengan orang lain.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Makalah

Info

Opini