Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Meneladani 10 Tokoh Inspiratif


Identitas Buku
Judul: Anak Kampung Paling Fenomenal
Penulis: DR. M. Mufti Mubarok
Editor: Mutaqien
Penerbit: Indomedia Group
Cetakan: Desember 2012
Halaman: 256 hal, 15 x 23 cm
ISBN: 978-60294190-6-1

Dewasa ini, tidak banyak tokoh-tokoh penting dan kharismatik seta berpengaruh luas dalam banyak bidang di Indonesia. Berbagai tokoh, baik dari presiden, menteri, politikus, penguasa mempunyai keunikan dan kelebihan tersendiri yang perlu diteladani. Tokoh-tokoh tersebut diposisikan sebagai idola dan sekaligus sebagai sumber inspirasi dalam melakukan tindakan.  Ini yang menyebabkan menjadi seorang tokoh panutan bukan suatu hal yang  mudah. Ini tidak lain karena segala tindakannya akan menjadi contoh bagi yang mengidolakannya.
Tak khayal apabila tidak sedikit para tokoh pemimpin yang gagal dalam menjalankan misinya. Bahkan ketika melakukan tindakan tidak sesuai dengan perannya menjadikan ia tidak disenangi para bawahan. Maka tidak ada salahnya mengetahui rahasia dari tokoh-tokoh yang dengan caranya masing-masing berhasil membawa kemajuan dan perubahan, bagi dirinya khususnya dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya.
Sebut saja Chairul Tanjung, dalam majalah Forber pengusaha kelahiran Jakarta merupakan konglomerat yang namanya berada di urutan 937 dari 1000 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan senilai USD 2,1 miliar (hal. 1). Hasil yang diperoleh tersebut tidak lepas dari perjuangannya melawan carut marut kehidupan. Ia masuk dan menggeluti dunia bisnis ketika masuk bangku kuliah. Bisnis yang dilakukan tidak langsung menjadi sukses. Mulai usaha jual beli mobil bekas, membangun pabrik sumpit, pabrik sandal hingga membuat toko alat kedokteran gigi telah ia lakoni. Berkat kegigihan dan keberaniannya, Si “Anak Singkong” ini berhasil membuktikan kepada dunia. Dan ia pun berhasil mendirikan sekolah tinggi gratis bagi warga miskin.
Dalam meraih kesuksesan tidaklah selalu berjalan mulus seperti yang diinginkan. Ada sebuah tantangan bahkan cobaan besar, seperti yang dialami Ir. Ciputra. Pada tahun 1997 terjadi krisis ekonomi yang menimpa tiga group yang dipimpinnya yaitu Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group. Selain itu, Bank Ciputra dan Asuransi Jiwa Ciputra yang ia dirikan ditutup oleh pemerintah (hal. 152). Dengan prinsipnya berani mengambil resiko, akhirnya ia berhasil untuk bangkit dari keterpurukan.
Keberhasilan seseorang dalam kesuksesan itu tergantung pada kedisiplinan masing-masing dalam memegang teguh pada prinsip. Harry Tanoe Soedibjo, Bendahara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berbagi kisah sukses. Baginya, dalam menggenggam kesuksesan ia menekankan pada empat prinsip. Pertama, Time Big, untuk menjadi berhasil generasi muda harus berpikir secara meluas dan jauh ke depan. Kedua,  Focus  on quality, maksudnya berpikir fokus dan mengedepankan kualitas. Ketiga, Speed, kecepatan dan percepatan dalam melangkah dan melaksanakan tindakan. Dan keempat adalah Main Momentum, dalam melakukan bisnis Harry tidak lepas dalam melihat momentum yang tepat untuk melangkah (hal.199).
Kisah tokoh-tokoh inspiratif tidak berhenti sampai di situ saja. Dalam buku hasil buah tangan M. Mufti Mubarok seorang Dosen sekaligus pengusaha sukses ini mengungkap secara jelas, kunci kesuksesan dan kepemimpinan 10 tokoh inspiratif putra Bangsa yang mempunyai kharisma, pengaruh, ambisi dan unik. Mereka adalah Chairul Tanjung, Dahlan Iskan, Suya Paloh, Joko Widodo, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla, Ir. Ciputra, Harry Tanoe Soedibjo dan Bob Sadino. Dari kesepuluh tokoh inspiratif yang dikemas dengan apik ini, banyak hal-hal yang positif yang perlu kita teladani. Baik dalam hal politik, bisnis, pengusaha, maupun ketokohan secara umum dalam masyarakat.


* Resensi Buku ini dimuat di Koran Jateng Pos, Rubrik "Resensi Buku", Edisi Minggu, 9 Desember 2012.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Makalah

Info

Opini