Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Tebarkan Kedamaian Demi Masa Depan Nusantara

Sebelum teknologi berkembang, seperti pada masa sekarang ini, setiap tingkah laku manusia akan terlihat, apakah ia menebarkan kedamaian, atau justru menebarkan pertikaian. Pasalnya, setiap yang disampaikan dan dilakukan akan didengar dan dilihat bahwa orang tersebut pelakunya.

Beda zaman beda keadaan, perkembangan teknologi secara tidak langsung memberikan pengaruh keadaan sosial. Keadaan sosial manusia tidak bisa lepas dari dunia maya dari pada dunia nyata. Bahkan waktunya dihabiskan untuk membaca dan melihat segala macam di dunia maya melalui hp. Seakan apa yang ia baca dan ia lihat di dunia maya adalah sebuah informasi yang dapat dipegangi dan diikuti.
Padahal, semua orang bisa membuat informasi di dunia mata, baik melalui video, gambar maupun tulisan. Saking bebasnya "peraturan" di dunia maya, seseorang dapat menebarkan kebencian dan adu domba sekalipun dengan mudah. Ironinya, informasi yang tak layak dikonsumsi masyakat ini dapat disebarluarkan kemana dan untuk kalangan siapa saja. Bahkan justru lebih banyak yang membaca dan merespon di dunia maya, dari pada di dunia nyata.
Itulah kondisi dunia maya kita sekarang ini. Ibaratnya dunia maya ini sebuah wahana kontestasi, antara yang baik dan buruk kumpul menjadi satu. Tidak ada sekat di antara keduanya, hanya hati yang tergugahlah yang dapat memilah dan memilih dari dua pilihan ini.
Itulah keadaan "dunia baru", kita tidak bisa lari dari dunia ini. Kita pun dituntut untuk berperan untuk menciptakan tatanan yang positif di "dunia baru".
Bagi hatinya yang tergugah dan sadar, pilihanya ada jadilah pembaca yang kritis atau jadilah penebar kedamaian di dunia maya, padat pula menjadi kedua-duanya. Pembaca atau konsumen dunia maya harus memahami dan kritis terhadap berita atau foto yang ada di dunia maya. Jangan sampai kita terbawa oleh arus yang dibawa oleh dunia maya. Sekali lagi sadarlah, bahwa dunia maya ini "diciptakan" oleh manusia. Oleh karenanya, manfaatkan dunia maya ini dan janga  sampai kita yang dimanfaatkan oleh dunia maya. Maka dari itu, harus kritis dan jadilah pembaca yang bijak nan arif.
Sedangkan penebar kedamaian di dunia maya adalah orang yang aktif di dunia maya. Manfaatkan hal itu untuk menebarkan kebajikan dan kebaikan. Sebab lawan-lawan kita di dunia maya adalah orang orang yang "tidak terlihat" yang gemar menebarkan kebencian dan pertikaian. Apabila lawan-lawan ini dibiarkan, maka dunia maya hanya diisi keburukan dan kebencian.

Cintaillah dunia nyata dengan mencintai dunia maya. Rawatlah dunia nyata melalui dunia maya. Manfaatkan dunia maya untuk kedamaian dunia. Tebarkanlah kedamaian dan kebajikan untuk kesejahteraan bersama. Mulailah dari bangsa kita, bangsa Indonesia. Jagalah nusantara, masa depan nusantara ada di tangan kita. Kita bangsa Indonesia.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Archives

Makalah

Info

Opini