Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Hakim Adil juga Pahlawan

Eksistensi pengadilan sangat dibutuhkan dalam suatu tatanan masyarakat. Nilai keadilan yang diketukkan oleh hakim, itulah yang selalu dimimpi-mimpikan oleh mereka. Dengan otoritas yang dimiliki oleh hakim, diharapkan dapat menyelesaikan problem yang sedang berkecamuk di masyarakat. Tak khayal, apabila kemurnian nilai keadilan hingga tak dapat tergantikan oleh uang.
Sejak media massa memberitakan terbongkarnya beberapa kasus penyuapan terhadap hakim, tidak sedikit masyarakat mulai memandang negatif pengadilan. Nilai keadilan di panggung pengadilan pun dianggap semakin lenyap termakan oleh uang. Akibatnya, citra pengadilan, bahkan pemerintahannya pun semakin merosot di kalangan masyarakat.
Benar, negara kita sudah tidak lagi dijajah. Tapi apa gunanya, jika negara yang sudah bebas dari kekangan penjajah, namun nilai keadilan tidak diperjuangkan dengan penuh kesadaran. Ini sama halnya, negara kita belum bebas dari penjajah, yaitu dari jajahan para pedagang keadilan.
Maka tidak yang salah, apabila lebel pahlawan diberikan kepada seorang hakim yang benar-benar memperjuangkan nilai keadilan untuk meredamkan sengketa yang ada di lingkungan masyarakat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Archives

Makalah

Info

Opini