Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Peran Mahasiswa untuk Bangsa



Mahasiswa merupakan sekelompok elemen masyarakat yang unik. Sebab ada sesuatu yang tidak berubah pada diri mahasiswa, yaitu semangat dan idealisme. Walaupun zaman selalu menuntut perubahan. Terbukti dengan perjuangan bangsa Indonesia yang tidak lepas dari campur tangan mahasiswa.
Menengok ke belakang, kebangkitan bangsa Indonesia ketika melawan penjajahan Belanda dimotori oleh para mahasiswa kedokteran STOVIA. Di waktu lain, ketika pemerintahan Bung Karno labil. Karena situasi politik yang memanas pada tahun 1966, mahasiswa tampil memberikan semangat bagi pelaksanaan Tritura. Inilah segelintir dari sekian banyak perjuangan idealisme mahasiswa untuk bangsa.
Akan tetapi, ada tuduhan yang menyatakan bahwa mahasiswa sekarang hanya bisa bicara. Tak ada tindakan nyata atas gagasan yang ditawarkan oleh mahasiswa. Tentu tuduhan tersebut ada benarnya juga, jika mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya. Tanpa memberikan konstribusi terhadap bangsa. Maka dari itu, hendaklah mahasiswa sadar akan status yang diemban. Dalam hal ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.
Berbekal kekuatan dan potensi yang dimilikinya, berupa semangat dalam menyuarakan dan memperjuangkan nilai-nilai kebenaran. Serta keberanian dalam menentang segala bentuk ketidakadilan. Maka mahasiswa menempati posisi yang penting dalam upaya pemberantasan ketidakadilan.
Pemberantasan ketidakadilan, dapat dilakukan dengan menyebarkan informasi atau tanggapan atas kebijakan pemerintah yang menyengsarakan bangsa. Seperti mengadakan jumpa pers, opini publik, diskusi terbuka dengan pihak-pihak yang berkompeten. Dan dengan jaringan luas yang dimiliki mahasiswa, mereka dapat saling berkoordinasi. Baik antar mahasiswa, maupun dengan lembaga-lembaga swadaya masyarakat. Sehingga tercipta kekuatan yang besar untuk menekan pemerintah, agar pemerintah mengambil keputusan yang ideal untuk bangsa.
Inilah sebenarnya kekuatan mahasiswa. Di satu sisi, mahasiswa mampu mendorong dan menggerakan masyarakat untuk bertindak atas ketidakadilan sistem, termasuk di dalamnya penyelewengan jabatan. Di sisi lain, mahasiswa sebagai faktor penekan bagi penegakan hukum serta pengawal terciptanya kebijakan publik yang berpihak kepada kepentingan masyarakat banyak.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Archives

Makalah

Info

Opini