Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Melangkah Menuju Impian

Setiap manusia pasti memiliki impian dan harapan. Impian di masa depan yang harus diraih olehnya. Apabila dia belum memiliki impian atau harapan, segeralah membuat impian dan harapan tersebut.
Namun impian bukanlah sekadar impian, namun sebuah yang ingin diraihkan. Dalam meraihnya tentu ada langkah-langkah konkrit yang harus dilaluinya. Sebelum melalui langkah-langkah tersebut tentu kita harus tahu langkah-langkah apa yang akan kita lalui dan harus dilalui untuk mencapai impian tersebut.
Selain itu juga, setelah kita mengetahui langkah-langkah yang akan dilalui maka kita harus mempersiapkan bekal yang nantinya dijadikan pegangan untuk menghadapinya. Bekal ini harus disiapkan betul sebagai langkah kedua setelah memiliki impian.
Dalam memikirkan impian yang paling sering dilupakan adalah memikirkan langkah-langkah dan bekal untuk mencapai impian tersebut. Kedua hal ini harus dipikirkan bersamaan ketika memikirkan impian. Dengan demikian bercita-cita harus dilengkapi dengan pengetahun yang berupa langkah-langkah dan bekal untuk meraihnya.
Apabila dalam impian tidak memikirkan langkah-langkah dan mempersiapkan bekal, maka kita akan sangat kesulitan meraih impian tersebut. Sebab kita tidak tahu jalan yang menuju ke impian dan kita tidak punya bekal yang melewati jalan yang belum kita ketahui. Ibaratnya kita berjalan di hutan tanpa membawa alamat tujuan dan bekal, yang dibawa hanyakah kata "sukses".
Ada salah satu syair dalam ilmu mantiq yang cocok untuk menggambarkan kondisi ini:
"Fain turid tarkibahu murakkiba # muqaddimatihi 'ala ma wajaba"
Artinya: apabila ingin menyusun sesuatu maka susunlah layaknya orang yang menyusun tahapan-tahapan awal yang wajib.

Dari syair tersebut maksudnya adalah ketika ingin merencanakan segala sesuatu apapun, maka susunlah tahapan-tahapan awal yang harus dilakukan untuk meraih rencana tersebut. Sebab tidak ada suatu rencana yang tanpa dilalui sebuah tahapan-tahapan yang bisa sampai pada rencana tersebut.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Makalah

Info

Opini