Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Menyoal Pendidikan Agama di Sekolah Umum

Pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat mendasar bagi setiap manusia. Pendidikan jenis apa pun, termasuk pendidikan agama. Sebab dengan pendidikan ini manusia dapat berkomunikasi dan berkembang dengan baik, serta tercipta manusia yang terdidik.
Sedangkan peran pendidikan agama bagi manusia tak lain membentuk kepribadian yang berke-Tuhan-an. Sehingga manusia memiliki budi pekerti yang baik dan taat dengan apa yang ia yakini.
Sesuatu yang diyakini yaitu agama atau kepercayaan inilah yang mengajarkan kebaikan. Sebab setiap agama atau keyakinan pasti misinya untuk mengajarkan kebaikan kepada pengikutnya. Sebaliknya, apabila ada agama atau kepercayaan yang mengajarkan ketidakbaikan maka itu bukan agama, namun "musuh" agama.
Implementasi pendidikan agama sangat cocok diterapkan di lembaga pendidikan swasta atau lembaga pendidikan yang di dalamnya semua anak didik beragama sama. Dengan anak didik yang beragama atau berkeyakinan sama makan akan mudah dalam pembelajarannya. Hal ini bisa dilakukan tidak hanya di dalam lembaga pendidikan formal, tetapi juga di non formal.
Adapun problem dari pengajar pendidikan agama ini tidak lain ketika diterapkan di lembaga pendidikan umum atau sekolah umum. Dimana pendidikan atau sekolah umum tersebut anak didiknya tidak hanya terdiri dari satu agama, melainkan banyak agama bahkan kepercayaan. Hal ini karena pendidikan umum memang dari awal didesain untuk memberikan fasilitas pendidikan untuk semua orang, tanpa melihat latar belakang agama atayu keyakinan tertentu.
Kesulitannya dalam pendidikan agama dalam suatu kelas yang anak didiknya terdiri dari banyak agama atau keyakinan adalah pendidikan agama yang mana yang hendak digunakan. Tentu ketika menggunakan satu agama tertentu, akan menjadikan kecemburuan sosial dalam kelas tersebut. Hal ini bisa menjadikan problem di dalam kelas tersebut.
Dengan demikian, desain pendidikan agama di pendidikan umum bukanlah mengajarkan pendidikan agama atau keyakinan tertentu. Namun dapat dilakukan dengan mengenalkan agama atau keyakinan yang ada selama ini. Dalam pengajarannya harus ditekankan bahwa setiap agama atau keyakinan itu mengajarkan kebaikan dan kebajikan.
Di sinilah peran pendidikan umum, selain pendidikan umum menjadi tempat mendidikan segala macam dan bentuk anak didik, namun pendidikan umum juga bisa menaburkan cinta kasih dengan cara memperkenalkan agama dan keyakinan yang ada. Bahkan ini akan menjadi benteng munculnya diskriminasi atau tindak kekerasan atas nama agama.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Makalah

Info

Opini