Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Menangkis Pertikaian, Menyebar Perdamaian

Era globalisasi, memberikan kemudahan menyebarkan segala informasi. Mulai hal yang berbentuk teks, gambar hingga video. Segala informasi tersebut tidak hanya menyangkut tentang informasi yang positif, tetapi juga informasi yang negatif.
Termasuk informasi yang negatif adalah pelecehan melalui gambar terhadap suatu golongan atau agama tertentu. Selain itu juga, ada yang berbentuk teks yang isinya mengadu domda antara satu kelompok dengan kelompok yang lain, agama satu dengan agama yang lain dan sebagainya.
Pelecehan ini mungkin hal sepele dan dapat membuat tawa bagi yang melihat dan membacanya, namun bagi kelompok atau agama yang merasa dilecehkan akan dapat menjadikan pemicu. Hal inilah yang dapat menjadikan benih-benih pertikaian antara satu agama dengan kelompok yang lain.
Kemunculan pelecehan-pelecehan ini banyak kita jumpai di berbagai media, baik media online maupun cetak. Sebab diakui atau tidak, di dunia ini masih banyak yang menginginkan perpecahan dan pertikaian di muka bumi ini. Sehingga dengan memunculkan hal-hal melecehkan ini menjadi salah satu cara yang efektif. Sebab dengan melalui pelecehan ini dapat membuat perhatian yang luas.
Oleh karena itu, ada hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang cinta dapat. Sebagai contoh mengehapus atau menghilangkan hal-hal yang berbau pelecehan. Menghapus dan menghilangkan ini mungkin tidak menjadi hal yang bermaksud menghapus dari akarnya, namun setidaknya penyebarannya tidak meluas.
Selain itu, bagi kita yang cinta damai jangan ikut serta mengposting, berkomentar, membagikan atau menyebarluaskan pelecehan ini. Sebab semakin banyak yang melakukan hal itu, maka pelecahan ini semakin tersebar luas. Maka dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat menjadikan pelecehan ini tidak tersebar luas.
Hal lain yang dapat dilakukan adalah membuat kampanye atau demo damai yang dapat menangkis pelecehan-pelecehan yang ada. Kalau mereka menyerang dan membuat ado domba dengan teks, gambar serta video, maka kita harus kompak menebar kedamaian bersama, dengan melalui teks, gambar dan video juga.

Salam damai!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Makalah

Info

Opini