Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Dinamika Kekosongan Kuasa

Identitas Buku
Judul               : The Casual Vacancy
Penerjemah   : Esti A. Budihabsari, Andityas Prabantoro, Rini Nurul Badariah.
Penerbit         : Qanita, Mizan
Tebal Hal.       : 593 halaman
ISBN                : 9786029225686
JK. Rowling penulis buku fenomenal Harry Potter, tepat pada tanggal 27 September 2012 launching karya barunya yang berjudul The Casual Vacancy. Buku ini berbeda dengan buku Harry Potter. Kalau Harry Potter seakan kita diajak dalam dunia sihir, sedangkan buku ini tidak. Meskipun demikian, buku yang diperuntukkan orang dewasa ini berhasil menyihir para pembaca. Sehingga tidak mengherankan apabila novel dewasa pertama JK. Rowling ini sebagai The Best Fiction 2012 Reders Choice Awards Goodreads.
The Casual Vacancy yang diterjemahkan menjadi “Perebutan Kursi Kosong” merupakan karya fiksi yang menceritakan kehancuran di balik topeng sebuah kota kecil yang diberi nama kota Pagford, kota yang indah, bersih, penuh dengan moralitas yang tinggi, berpendidikan, bebas pecandu narkoba dan tidak ada anak berandalan. Dari luar, Pagford terlihat damai khas Inggris dengan alun-alun, jalanan berbatu dan biara kuno. Kondisi ini berbeda dengan kota Field yang saling berdempetan, namun hubungan kedua kota tersebut tidak harmonis. Dalam kedamaian kota Pagford tersembunyi perang yang berkecamuk. Orang kaya melawan orang miskin, remaja melawan orang tua, isteri melawan suami, guru melawan murid. Kesemuaan itu tidak sedamai yang terlihat dari luar.
Berbeda dengan buku-buku fiksi yang ada, JK. Rowling langsung membuka cerita dengan membunuh tokoh utama, yaitu Barry Fairbrother. Barry Fairbrother adalah anggota dewan kota Pagford yang secara mendadak meninggal di parkiran luar restoran klub golf, The Birdie. Ia meninggal di usianya yang baru awal empat puluhan. Barry meninggal karena terkena penyakit aneurisme, yaitu pecahnya pembuluh darah otak. Ia mempunyai seorang istri bernama Marry Fairbrother dan empat anak.
Keluarga Barry sangatlah berduka dan merasa kehilangan, begitu juga sahabat-sahabatnya yaitu Gavin Hughes, Tessa, Colin Wall, Parminder Jawanda dan dua anggota tim dayung SMA Winterdown yang dimentori oleh Barry yaitu Jawanda dan Krystal Weedon. Dibalik itu, istri Barry menyimpan rasa tidak suka pada sikap Barry yang peduli dengan keluarga Weedon yang tinggal di Fields, khususnya Krystal tersebut yang merupakan muridnya. Selain Krystal di SMA ada tokoh-tokoh yang lain seperti  ada Stuart Wall, yang biasa di panggil Fats, Andrew Price biasa disapa Andrew, Sukvinder, Gaia, dan lain-lain.
Di sisi lain, ada juga yang tersenyum yaitu para dewan anggota yang selalu bertentangan dengan pendapat dengan Barry, yaitu Howard dan istrinya, Shirley. Mereka membenci Barry karena selalu bersikeras mempertahankan Fields tetap menjadi bagian kota Pagford.
Ternyata, Barry dulu berasal dari keluarga miskin yang tinggal di rumah retak di Fields. Namun ia mampu berprestasi dan bangkit sehingga menjadi anggota dewan kota Pagford. Barry pun ingin warga Fields diberi kesempatan untuk mengubah nasib menjadi lebih baik. Keinginan yang mulia dari Barry terancam setelah kematiannya. Kursi kosong Barry menjadi rebutan dan memicu konflik di Pagford. Lambat laun tampaklah rahasia gelap dan sifat-sifat asli tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita.
Setelah kematian Barry, ada keinginan dari penduduk Pagford untuk mengisi bangku Barry. Nama-nama yang muncul adalah Simon Price, Howard Mollison, Miles Mollison dan Colin Wall. Namun tiba-tiba muncul Id The Ghost of Barry Fairbrother yang membuka aib memalukan tentang para calon pengganti Barry. Dimulai dengan Andrew Price membuka kedok ayahnya, Simon Price dengan menulis tentang komputer curian yang dibeli oleh ayahnya di situs dewan distrik. Disusul Stuart Wall alias Fats membuka rahasia sakit jiwa ayahnya Collin Wall. Diakhiri oleh Andrew dengan berita tentang perselingkuhan Howard Millison dan Maureen Lowe.
Tiba saatnya pemilihan, akhirnya Miles memang sebagai pengganti Barry. Namun Samantha Mollison, isteri Miles menyatakan dengan tegas ketika dia mengkonfrontasi suaminya, “Kau tidak pantas menggatikan Barry Fairbrother. Dia tulus”. Dan kemenangan Miles pun di rayakan juga di pesta ulang tahun Howard Mollison.
Di pesta Howard, Andrew dikejutkan dengan penghianatan Fats, ia bercinta dengan Gaia. Padahal Fats tahu bahwa Andrew sangat mencintai Gaia. Pagi yang cerah, tiba-tiba Obbo datang ke rumah Krystal untuk menemui Terry. Obbo adalah sahabat baik Teery, begitu dekatnya dia dengan Obbo, Terri pun tak percaya bahwa Obbo telah memperkosa anaknya, Krystal. Ketika Krystal melihat Obbo, dia langsung ke luar rumah membawa Robby adik kecilnya. Krystal takut kalau Robby akan diperlakukan tidak baik oleh Obbo, dia pun mengajak kabur Robby. Dalam keadaan bingung, Krystal mau membawa Robby ke mana, akhirnya ia memutuskan untuk menemui Fats. Ia ingin bersetubuh dengan Fats dan berharap menjadi istrinya.
Fats terkejut karena Krystal membawa adiknya Robby. Dia berpikir Robby akan mengganggunya saat mereka melakukan persetubuhan. Akhirnya Robby ditinggal Krystal dan Fats, Krystal menyuruh Robby untuk diam di bangku pinggir jalan dengan di temani coklat yang sudah dibeli Krystal. Sedangkan Krystal dan Fats, melakukan persetubuhan di semak-semak dekat sungai tak jauh dari tempat mereka meninggalkan Robby. Sambil mengawasi Robby, Krystal terus menikmati persetubuhan mereka dengan Fats tanpa menggunakan kondom. Namun di saat mereka sedang melakukan persetubuhan, Robby mendatangi Krystal dan merengek minta minum. Dan Krystal pun memarahi Robby karena merasa mengganggu persetubuhan mereka, Robby pun diusir. Robby pun pergi, namun Krystal panik karena merasa telah kehilangan Robby. Tidak disangka, ketika Robby menyusuri sebuah sungai, dia malah terjatuh dan tenggelam. Dan Robby pun tewas mengenaskan. Krystal pun merasa bersalah, dan melakukan aksi bunuh diri di kamar mandi rumahnya.
Fats, yang merasa bersalah juga atas kematian Robby sangat terpukul. Fats pun akhirnya mengakui semua kesalahan-kesalah yang telah dia lakukan kepada Colin ayahnya. Tessa yang mengetahui anaknya telah melakukan kesalahan yang memalukan, merasa marah terhadap Fats. Dan ia pun memberitahu Fats bahwa Fats bukanlah anak kandung mereka, Tessa dan Colin. Tessa memberitahu bahwa Fats adalah anak hasil hubungan inces yang mereka adopsi. Tessa merasa bahwa Fats adalah anak yang tidak tahu diuntung.
Fats pun juga memberitahukan bahwa di balik The Ghost of Barry Fairbrother adalah dia.  Dan Gaia yang mengetahui Fats penyebab kematian Robby, merasa muak telah bercinta dengannya. Dan berfikir kenapa dia tidak bercinta dengan Andrew saja.
Rahasia-rahasia yang terpendam keluar dan menghakimi kawan dan lawannya. Tidak ada yang tulus maupun jujur dalam menjalankan kehidupan mereka, tidak seperti Barry Fairbrother. Hal ini lah yang membuat buku ini tidak hanya perebutan yang diperlihatkan oleh Rowling, melainkan apa yang terjadi di dalam sebuah komunitas ketika satu-satunya orang yang dengan tulus peduli pada kesejahteraan segenap masyarakat dan berada pada posisi yang tepat untuk melakukan perubahan-perubahan, tiba-tiba saja ditiadakan.
Novel yang berisikan enam bagian ini tidak ada tokoh utama, tokoh utama sudah mati pada bagian pertama. JK Rowling menegaskan inilah kondisi kekosongan itu, tidak ada jagoannya dalam cerita ini. Semua tokoh dalam karangan fiksi ini, yang jumlahnya lebih dari 30 puluh seakan menjadi tokoh utama. Setiap tokoh tersebut saling berkaitan dan punya sisi baik, sekaligus sisi gelap dalam dirinya, sehingga pembaca sulit untuk memihak siapapun.
Dengan bahasa yang sangat vulgar dalam mendiskripsikan setiap keadaan seperti adegan persetubuhan, makian, konsumsi narkoba, kekerasan rumah tangga dan sebagainya. Inilah yang menjadikan alasan kenapa buku ini diperuntukkan orang dewasa. Akhirnya Rowling mengakhiri ceritanya dengan keadaan menggantung. Banyak sekali tokoh-tokoh dalam ceritanya ini belum menemukan ending-nya. Meskipun demikian, Novel ini mampu mendeskripsikan sebuah kisah fiktif yang terjadi di kota Pagford terasa sangat riil dan sangat mirip dengan kehidupan nyata yang sukar sekali ditebak akhirnya.



*Muhamad Zainal Mawahib
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Archives

Makalah

Info

Opini