Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Masa Depanmu Ada di Usahamu

Pada zaman sekarang ini, banyak sekali orang bingung mendapatkan pekerjaan, dengan alasan bermacam-macam. Ada yang beralasan tidak memiliki modal, basic pendidikan yang rendah, tidak percaya diri kemampuan yang ia miliki, dan lain sebagainya. Semuanya inilah yang juga menjadikan seseorang tersebut menjadi takut untuk melangkah dalam berusaha.
Sebenarnya justru hal-hal yang menjadikan seseorang menjadi tidak maju. Ia akan merasakan tak mampu melakukan. Bahkan memaksakan dirinya untuk tidak bergerak dan menunggu pangggilan atau yang mengajaknya untuk berusaha.
Ini jelas sebuah keanehan yang harus dihilangkan. Dia belum mencobanya sudah merasa tak bisa. Kalau pun belum bisa melakukannya, ia latihan dulu sehingga ia bisa melakukan dan mengerjakan. Selain itu, karena tidak punya modal, modal bisa minjam atau melakukan kerjasama dengan orang lain.
Kalau kita bertindak jujur dan dapat dipercaya bahkan menjalankan dengan, baik pasti banyak orang yang akan membantu. Terlebih, kalau orang-orang sudah melihat nyata dan tahu sendiri bahwa engkau adalah orang yang jujur, dapat dipercaya, mengerjakan tepat waktu dan melakukannya dengan baik. Pasti semua akan memberikan modal atau bahkan memberikan pekerjaan.

Butuh Bukti
Memang, semuanya itu membutuhkan bukti. Misal, orang itu dikatakan tidak baik, maka anggapan seperti itu muncul tidal serta merta. Tetapi ada hal-hal yang menjadikan seseorang beranggapan atau berkesimpulan kalau dia tidak baik. Hal-hal itu bisa berupa tindakan atau ucapan yang itu bagi suatu kelonpok tertentu dianggap telah menyalahi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku. Sehingga hal-hal demikian harus dijauhi.
Begitu juga sebaliknya, seseorang itu dianggap baik, manakala ia selalu melakukan tindakan dan pengucapan yang baik. Sehingga orang menilai padanya bahwa orang ini dapat dipercaya. Kepercayaan inilah sebuah nilai yang mahal, ia tidak tertulis dalam sebuah tetapi kepercayaan itu muncul dalam diri seseorang yang menilainya.
Tidak adalah salahnya kita mengerjakan dengan baik sesuatu yang kita lakukan. Justru itu yang akan menjadikan kita bangga pada diri kita sendiri. Kebanggaan inilah yang menjadikan seseorang menjadi percaya diri bahwa ia mampu melakukan dan mengerjakannya.
Pada satu sisi, potensi yang ia miliki ini bisa meyakinkan orang lain untuk membantunya. Tentu dibuktikan dengan sebuah tindakan yang mampu membuat orang lain yakin. Karena orang lain pasti tidak akan membantu kalau yang dimintai bantuan itu tidak jelas. Ketidakjelasan ini dalam artianya ia belum membuktikan sama sekali potenti yang menunjukkan ia mau berusaha melakukan yang terbaik.
Pada sisi yang lain, ketika engkau melakukan dan mengerjakan sesuatu, sehingga menghasilkan sebuah karya yang layak untuk dibanggakan. Maka pasti banyak orang akan melihat dari hasil usahamu. Bahkan ini menjadi sebuah nilai tersendiri yang menjadikan orang lain beranggapan bahwa engkau dapat dipercaya ketika diembankan sebuah tugas.

Usaha akan Berbuah Hasil
Semua usaha pasti akan menghasilkan sesuatu. Atau dengan bahasa lain, ada sebab pasti akan ada akibatnya. Begitu juga ketika kamu mau berusaha, pasti nanti ada hasilnya. Sekecil apa pun usaha itu pasti ada hasilnya. Tentu usaha yang besar akan menghasilkan hasil yang besar pula.
Nah sekarang tergantung kalian semua, mau usaha atau tidak. Kalau tidak mau usaha, ya siap-siaplah kalian akan menikmati perasaan itu. Tapi kalau mau berusaha, maka tunggulah hasil dari usahamu. Pasti kalian akan merasa bangga dan akan melakukan lebih baik dari usaha yang telah kamu lakukan.


"Masa depanmu ada di usahamu"
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Archives

Makalah

Info

Opini