Sebuah Catatan Kecil yang Menaburkan Kecerahan dalam Wacana Kehidupan

Luminositas, Penjelasannya Ini

Secara bahasa arti luminositas adalah kecemerlangan. Sedangkan luminositas dalam astronomi berati jumlah enerhi yang dipancarkan sebuah benda ke segala arah per satuan waktu. Biasanya satuan luminositas dinyatakan dalam watt (satuan internasional), erg per detik (satuan cgs) atau luminositas matahari. Dengan menganggap bahwa bintang adalah sebuah benda hitam sempurna, maka luminositasnya adalah.
Dimana L adalah luminositas, Ïƒ adalah tetapan Stefan-BoltzmannR adalah jari-jari bintang dan Te adalah temperatur efektif bintang.
Jika jarak bintang dapat diketahui, misalnya dengan menggunakan metode paralaks, luminositas sebuah bintang dapat ditentukan melalui hubungan


Dengan E adalah fluks pancaran, L adalah luminositas dan d adalah jarak bintang ke pengamat.
Berikut ini adalah foto luminositas-merah nova.

Pada tahun 1943, William Wilson Morgan, Phillip C. Keenan, dan Edith Kellman dari  Observatorium Yerkes menambahkan sistem pengklasifikasian berdasarkan kuat cahaya  atau luminositas, yang seringkali merujuk pada ukurannya. Pengklasifikasian tersebut  dikenal sebagai sistem klasifikasi Yerkes dan membagi bintang ke dalam kelas-kelas  berikut :
* 0       Maha maha raksasa
* I        Maharaksasa
* II       Raksasa-raksasa terang 
* III       Raksasa
* IV      Sub-raksasa
* V       Deret utama (katai)
* VI      Sub-katai

* VII     Katai putih
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

HALAMAN CATATAN WACANA

Archives

Makalah

Info

Opini